HARGA PROMO untuk 20 pembeli pertama hari ini

7 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 paling Lengkap untuk Semua Jenis

7 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 paling Lengkap

 

Salah satu cara dalam melakukan pengiriman berkas antar PC atau dari HP ke PC, yaitu menggunakan Bluetooth. Namun, tidak semua laptop atau PC secara langsung tersedia Bluetooth. Terdapat  beberapa cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

Semua cara yang tersedia di bawah ini, dapat diterapkan pada berbagai jenis laptop Windows, baik secara seri laptop atau tingkatan operating system Windows. Berikut penjelasan lengkap 7 cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7:

Kumpulan Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 Terlengkap

Bluetooth menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan dalam mengirim dan menerima berkas. Selain tidak memerlukan koneksi internet, keuntungan lain menggunakan Bluetooth adalah memiliki kecepatan transfer yang baik.

Sehingga kamu bisa mengirim atau menerima berkas secara cepat meskipun ukuran berkas cukup besar. Kamu juga bisa mengirim ke beberapa penerima yang berada dalam jangkauan konektivitas dari Bluetooth.

Keuntungan lain dari bluetooth adalah kamu bisa menghubungkan beberapa perangkat yang menyediakan layanan konektivitas bluetooth, seperti headset, keyboard, dan mouse.

Menggunakan Perangkat Dongle

Menggunakan Perangkat Dongle

1.     Menggunakan Perangkat Dongle Sebagai Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop yang pertama adalah menggunakan alat USB Bluetooth Dongle. Alat ini memiliki bentuk mirip USB Flashdisk yang berfungsi sebagai antena receiver pada bluetooth.

 

Pada umumnya, alat ini digunakan bagi laptop Windows yang tidak memiliki hardware dan software bawaan. Untuk menggunakan alat ini cukup mudah, kamu tinggal menancapkan USB Bluetooth Dongle ke laptop kamu.

 

Secara otomatis, driver dan program di dalam Dongle akan langsung berjalan. Kamu tinggal menggunakan sesuai keinginanmu yaitu mengirim atau menerima berkas.

 

2.     Melakukan Instalasi Driver Bluetooth di Laptop Windows

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah melakukan instalasi driver bluetooth. Pada beberapa laptop, tidak memiliki driver bawaan bluetooth, sehingga perlu dilakukan instalasi driver bluetooth terlebih dahulu.

 

Untuk mendapatkan driver bluetooth cukup mudah, dikarenakan driver bluetooth biasanya disimpan di dalam CD/DVD bawaan yang kamu terima ketika baru pertama kali membeli laptop. Jika di dalam CD/DVD tidak terdapat driver bawaan bluetooth, kamu bisa mengunduhnya.

 

Kamu bisa mengunduh driver bawaan bluetooth melalui situs resmi dari brand laptop yang kamu beli. Kamu juga bisa menggunakan software sejenis DriverPack Solution untuk mendapatkan driver bluetooth yang tepat bagi laptop kamu.

 

Cara sangat gampang adalah membeli driver bluetooth melalui softwareoriginal.id. Kamu akan menemukan berbagai driver yang cocok untuk laptop Windows yang kamu miliki.

 

3.     Mengaktifkan Bluetooth melalui Pengaturan Device Manager di Laptop Windows

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 yang ketiga adalah menggunakan pengaturan pada Device Manager. Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu telah selesai melakukan instalasi software bluetooth pada laptop kamu.

 

Cara ini dilakukan jika kamu tidak dapat mengirim atau menerima berkas, meskipun telah melakukan instalasi software bluetooth. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan device manager di laptop Windows untuk mengaktifkan bluetooth:

  • Pertama kali yang kamu lakukan adalah menekan kombinasi tombol Windows + E. Kamu akan masuk ke dalam drive penyimpananmu dan melihat This PC.
  • Pada bagian This PC, klik kanan dan pilih Manage.
  • Setelah muncul tampilan Computer Management, kamu bisa pilih Device Manager.

Alternatif lain untuk menuju Device Manager adalah menggunakan kombinasi tombol Windows + X dan pilih Device Manager.

  • Klik bagian menu Bluetooth dan klik bagian dropdown untuk memunculkan sub menu dari Bluetooth.
  • Kamu akan menemukan beberapa pilihan bluetooth. Klik kanan pada bluetooth yang akan kamu gunakan lalu pilih Enable Device.
  • Kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk menonaktifkan fitur bluetooth. Namun pilihan yang kamu pilih haruslah Disable Device.

 

4.     Kombinasi Tombol Fn pada Laptop Windows

Cara keempat yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan bluetooth adalah menggunakan kombinasi tombol Fn. Laptop memiliki beberapa tombol Fn mulai dari F1 hingga F12. Setiap tombol Fn memiliki fungsi yang berbeda.

 

Kamu bisa memperhatikan tombol Fn yang memiliki fungsi untuk menonaktifkan dan mengaktifkan fitur bluetooth pada laptop kamu. Biasanya, tombol Fn yang berfungsi untuk mengaktifkan bluetooth memiliki ikon bluetooth pada tombolnya.

 

Pada laptop acer, kamu bisa menggunakan kombinasi Fn + F3 untuk mengaktifkan fitur bluetooth. Setiap laptop memiliki kombinasi yang berbeda, sehingga kamu harus memperhatikan dengan seksama.

 

5.     Memanfaatkan System Tray Sebagai Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Jika kamu telah melakukan instalasi bluetooth, biasanya dalam sistem tray akan muncul ikon bluetooth. Untuk menggunakan sistem tray, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada Taskbar di bagian pojok kanan laptop, kamu akan menemukan beberapa ikon, seperti baterai, wifi, dan sound. Klik menu tanda panah ke atas untuk membuka ikon yang lainnya.
  • Jika ada ikon bluetooth, kamu bisa klik kanan pada ikon tersebut.
  • Kamu akan menemukan beberapa fitur seperti Add a Device, Allow Device to Connect, Show Bluetooth Device, Receive and Send File.
  • Pilih Show Bluetooth Device untuk mengetahui perangkat bluetooth yang tersambung dengan laptopmu.
  • Pilih Allow Device to Connect untuk mengizinkan perangkat bluetooth lain tersambung pada laptopmu.
  • Pilih Receive File untuk menerima berkas dari perangkat lain.
  • Pilih Send File untuk mengirimkan berkas dari perangkat lain.

 

6.     Menggunakan Menu Add a Device

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 keenam adalah menggunakan menu Add a Device. Setelah kamu mengaktifkan bluetooth melalui langkah-langkah sebelumnya, selanjutnya kamu bisa menggunakan Add a Device.

 

Add a Device berfungsi untuk menambahkan perangkat baru pada laptopmu. Berikut langkah-langkah dalam menambahkan perangkat baru ke laptopmu:

  • Pilih Add a Device untuk menyambungkan perangkatmu dengan laptop.
  • Setelah masuk menu Pengaturan, pilih Add Bluetooth or Other Device lalu pilih Bluetooth.
  • Laptopmu akan melakukan pemindaian perangkat bluetooth yang berada di sekitar. Ketika perangkatmu telah ditemukan, klik perangkat tersebut dan tunggu hingga muncul status Connecting.
  • Jika kode konfirmasi antara perangkatmu dan laptop sama, maka kamu bisa klik Connect/Pair untuk menghubungkan keduanya.

 

7.     Mengirim dan Menerima File melalui Bluetooth

Setelah kamu menambahkan perangkat baru pada laptopmu, kamu telah bisa mengirim atau menerima berkas dari perangkat bluetooth lain. Terdapat dua cara untuk mengirimkan dan menerima file melalui bluetooth.

  • Melalui Windows Explorer
  • Tekan kombinasi tombol Windows + E untuk masuk ke dalam sistem.
  • Pilih berkas yang akan dikirim dan klik kanan serta pilih Send to > Bluetooth Device.
  • Muncul jendela Bluetooth File Transfer dan pilih perangkat yang akan kamu kirimi berkas.
  • Klik Next hingga selesai dan tunggu proses pengiriman.
  • Jika proses selesai, klik Finish untuk menutup proses pengiriman.

 

  • Melalui Fitur Send/Receive File pada System Tray
  • Klik kanan pada ikon bluetooth di system tray.
  • Pilih Send / Receive File.
  • Pilih perangkat bluetooth yang akan kamu kirimi berkas.
  • Pilih berkas yang akan dikirim.
  • Klik next hingga selesai dan tunggu proses pengiriman.
  • Klik Finish untuk menyelesaikan proses pengiriman berkas melalui Bluetooth.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 di atas bisa diterapkan pada berbagai merek laptop Windows dengan sistem operasi yang berbeda. Kamu bisa menggunakan dongle atau software bluetooth sesuai dengan keinginan kamu.