HARGA PROMO untuk 20 pembeli pertama hari ini

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di PC dan Android menggunakan DNS 1.1.1.1 Windows

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di PC dan Android menggunakan DNS 1.1.1.1 Windows

Kalau bicara soal internet, saat ini semua orang pasti dengan mudah mengakses internet. Dikarenakan pengguna internet menjadi lebih banyak, koneksi menjadi semakin tidak stabil. Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet adalah menggunakan DNS 1.1.1.1 Windows.

Jika kamu penasaran bagaimana cara mengatur DNS 1.1.1.1, kamu bisa menyimak pembahasan di bawah ini, yakni mengenai tata cara mengatur DNS 1.1.1.1 di PC Windows dan smartphone Android.

DNS 1.1.1.1 Windows

DNS 1.1.1.1 Windows

Sebelum menggunakan DNS 1.1.1.1, kamu wajib mengerti tentang DNS terlebih dahulu. DNS ini punya kepanjangan, yaitu Domain Name System yang berfungsi untuk mengubah IP address di perangkat elektronik menjadi domain address.

DNS 1.1.1.1 adalah hasil kerja sama yang dikembangkan oleh APNIC dan Cloudflare. Dengan menggunakan DNS, kamu tidak akan khawatir dengan keamanan berinternet dikarenakan DNS tidak akan merekam data alamat IP yang kamu gunakan.

Kelebihan lain dari DNS 1.1.1.1 adalah kecepatan penjelajahannya. Kecepatan DNS 1.1.1.1 diklaim memiliki respon time hingga 14,8 ms yang merupakan waktu respon tercepat di dunia.

Cara Mengatur DNS 1.1.1.1 Windows

Untuk meningkatkan kecepatan internet, kamu bisa menggunakan pengaturan DNS 1.1.1.1 baik pada laptop Windows atau pada smartphone Android. Berikut cara mengatur DNS 1.1.1.1 pada laptop Windows dan smartphone Android:

1.     Mengatur DNS 1.1.1.1 Windows di Laptop/PC

  • Langkah pertama yang kamu lakukan adalah masuk ke dalam menu Settings pada PC kamu. Kamu bisa masuk menu Settings dengan cara mengklik menu Start atau mengklik menu Windows pada laptop kamu.
  • Lalu kamu bisa masuk ke menu Control Panel dan pilih bagian Network and Internet. Pada operating system Windows 10 memiliki cara yang berbeda yaitu kamu bisa mengklik menu Start terlebih dahulu.
  • Ketik Control Panel dan tunggu hingga tampilannya muncul. Klik pada menu Network dan Internet.

 

  • Kamu bisa mengklik menu Network and Sharing Center. Selanjutnya, pilih opsi Change Settings Adapter. Setelah mengklik menu tersebut, kamu akan melihat beberapa jaringan yang tersedia pada laptop kamu.

 

  • Pilih jaringan yang saat ini terkoneksi dengan laptop kamu, lalu klik kanan pada jaringan tersebut dan pilih menu

 

  • Kamu akan melihat beberapa pilihan pada This Connection uses the following terms. Pilih bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6).

 

  • Jika kamu memilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), maka klik menu Properties hingga muncul tampilan tatap mukanya dan klik menu

 

  • Kamu bisa mengubah Obtain DNS server address automatically menjadi Use the following DNS server addresses. Pada menu ini, kamu bisa mengubah DNS dengan memasukkan entri 1.1.1.1 dan 1.0.0.

 

  • Masukkan entri 1.1.1.1 pada bagian Preferred DNS server dan 1.0.0.1 pada bagian Alternate DNS server.

 

Fungsi dari Preferred DNS Server sendiri sebagai server yang akan memetakan nomor IP sehingga mudah diingat oleh sistem laptop kamu. Sedangkan Alternate DNS server menjadi DNS server cadangan ketika Preferred DNS server sedang down.

 

  • Jika kamu memilih Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), maka klik menu Properties hingga muncul tampilan General.

 

  • Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) memiliki entri DNS yang berbeda. Kamu bisa memasukkan 2606:4700:4700::1111 pada bagian Preferred DNS server dan 2606:4700:4700::1001 pada bagian Alternate DNS server.

 

Entri yang dimasukkan antara IPv4 dan IPv6 berbeda dikarenakan IPv6 memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan IPv6, sehingga entri yang dimasukkan harus sesuai dan berbeda dengan IPv4.

 

  • Klik “OK” dan “Close” untuk menyelesaikan semua langkah dan keluar dari menu pengaturan. Restart browser kamu terlebih dahulu untuk menerapkan pengaturan DNS 1.1.1.1.

 

Beberapa trik untuk meningkatkan kecepatan internet juga ada di situs softwareoriginal.id. Selain beberapa trik meningkatkan kecepatan internet, tersedia juga produk original Windows yang harganya lebih murah dibandingkan yang lain.

 

2.     Mengatur DNS 1.1.1.1 Windows di Android melalui Menu Pengaturan

  • Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah smartphone kamu harus terlebih dahulu tersambung kepada jaringan WiFi. Kamu bisa membuka menu Settings dan klik menu WiFi.

 

  • Kamu akan melihat beberapa jaringan WiFi yang tersedia beserta jaringan WiFi yang tersambung pada perangkatmu. Tap dan tahan WiFi yang terhubung dengan perangkatmu dan pilih Modify Network.

 

  • Kamu akan melihat beberapa informasi seperti IP Address, Signal Strength, Encryption type, dan pilihan Show Advanced Options. Kamu bisa mencentang kotak pilihan pada bagian Show Advanced Options.

 

Pada beberapa smartphone tidak bisa menggunakan menu Show Advanced Options dikarenakan tidak dalam mode pengembang. Untuk menjadi mode pengembang, kamu bisa klik About pada menu Pengaturan.

 

Pilih bagian Software Information dan pilih bagian Build Number. Tap sebanyak 10 kali atau lebih hingga muncul tulisan “Sekarang Anda adalah seorang Pengembang”.

 

  • Klik menu IP Settings dan mengganti DHCP menjadi Kamu dapat mengubah atau memasukkan IP Address, Gateway, dan Network prefix length sesuai standar yang ada.

 

Pada umumnya, IP Address dan Gateway telah diatur secara default oleh sistem android. Namun, untuk Network prefix length, kamu bisa mengubahnya. Pengaturan standarnya adalah 24.

 

  • Entri yang dimasukkan sama dengan entri pada bagian IPv4, kemudian kamu mengubah DNS 1 menjadi 1.1.1.1 dan DNS 2 menjadi 1.0.0.1.

 

  • Setelah kamu mengubah DNS 1 dan DNS 2, kamu bisa menyimpan pengaturan tersebut dengan mengklik Save.

 

  • Secara otomatis pengaturan akan diterapkan pada browser kamu. Kamu dapat menutup browser dan membukanya kembali untuk menikmati pengaturan tersebut.

 

3.     Mengatur DNS Windows di Android melalui Aplikasi DNS CloudFlare

  • Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi DNS CloudFlare di Google Play. Ketik saja DNS CloudFlare pada Google Play dan akan menemukan aplikasi 1.1.1 Internet lebih cepat dan aman.

 

Aplikasi ini tergolong gratis dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan ponsel kamu.

 

  • Klik aplikasi 1.1.1 Internet lebih cepat dan aman serta tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Setelah selesai instalasi DNS CloudFlare pada smartphone, kemudian bukalah aplikasi DNS CloudFlare yang telah kamu download.

 

  • Klik bagian “Tersambung” dan tunggu beberapa menit hingga aplikasi berhasil menyambung smartphonemu dengan DNS 1.1.1.1.

 

  • Setelah tersambung, kamu bisa menikmati kecepatan internet yang lebih baik serta dapat mengakses berbagai situs yang tersedia melalui server tersebut.

 

Kelebihan menggunakan aplikasi DNS CloudFlare adalah kamu tidak perlu repot untuk mengubah DNS kamu secara manual. Melalui aplikasi CloudFlare, kamu secara mudah cepat terhubung tanpa melakukan perubahan secara manual.

Dengan mengatur DNS 1.1.1.1 Windows, baik pada laptop dan smartphone Android akan meningkatkan kecepatan selama berinternet. Selain pada operating windows dan Android, kamu juga bisa menerapkan pengaturan ini pada Mac OS dan iOS serta Linux.